Minggu, 27 Juli 2008

Mengatur Background Slide dengan Powerpoint 2007


Pernahkah Anda memperhatikan peserta, ketika Anda sedang mempresentasikan sesuatu di hadapan mereka, perhatian mereka bukan tertuju kepada apa yang Anda sedang bicarakan dan tidak tertuju pula kepada apa yang Anda perlihatkan melalui media presentasi. Tetapi mereka hanya berbicara dengan orang disampingnya ataupun bisa jadi mereka merasa "dininabobokan" sehingga terlelap.
Mungkin Anda bertanya, kenapa, ada apa???
Mungkin saja desain presentasi Anda kurang menarik, kurang bagus, atau kurang cuuantik....
Slide presentasi yang kosong dan didominasi oleh 1 warna akan tampak sangat tidak menarik dan membosankan bagi kita (apalagi orang lain) Oleh karena itu, ada baiknya kalau kita memilih sebuah warna atau pola untuk mengisi area slide presentasi yang tadinya hanya ditutupi oleh 1 warna saja.

Bagaimana caranya???

Pada tulisan sebelumnya tentang Membuat Background Powerpoint 2007. Dengan pembuatan backgorund melalui powerpoint 2007 kemudian dengan save as picture, dengan save as picture ini background kita sudah jadi tinggal membuka filenya di format background dan menyimpannya untuk semua background (apply to all)

Tetapi tulisan kali ini adalah bagaimana kita memanfaatkan background yang sudah ada di powerpoint 2007 dan ditambah dengan sedikit kreativitas kita dapat menghasilkan background yang sesuai dengan keinginan kita sendiri.

A. Background Powerpoint 2007---DESIGN
Untuk memperoleh warna pola latar belakang pada slide dengan memanfaatkan pola background yang sudah disediakan oleh Microsoft Office Powerpoint 2007, lakukan langkah-langkah di bawah ini:
1. Buka halaman kerja MO Powerpoint 2007.
2. Klik Tab Design terlebih dulu, kemudian, perhatikan design Background MO Powerpoint 2007 (kira-kira ada 20-an yang ditampilkan) coba Anda sorot satu-satu maka secara otomatis background berubah.


3. kalau sudah ada yang sesuai dengan keinginan Anda, silahkan di klik (otomatis background akan berubah) Catatan : untuk mengganti warna-warnanya silahkan pilih di samping design yaitu : klik Colors lalu pilih create new theme colors
4. Background Anda telah berubah, tinggal memasukkan isi presentasi tersebut.

Tahap di atas bukanlah tahap tersusun secara otomatis, tetapi bisa juga diawali dengan memasukkan materi presentasi atau file-file presentasi yang sudah ada ingin diganti backgroundnya kemudian memilih designnya.

B. Membuat Background dengan Warna Kesukaan

Sebetulnya hal ini sudah dijelaskan pada bagian A, tapi mungkin saja warna yang kita ambil untuk background kita masih kurang menarik atau bisa saja anda bosan dengan perpaduan warna-warnanya, untuk itu diperlukan lagi beberapa langkah-langkah yang bisa membuat Anda menemukan selera Anda sendiri.

1. Klik kanan pada halaman kerja Microsoft Office Powerpoint 2007, tentunya yang sudah diberikan background dengan memanfaatkan Design Powerpoint 2007,
2. Pilih format backgorund (bagian bawah)
3. Pada format background ada dua pilihan Fill dan Picture, silahkan klik Fill,
4. Fill memiliki 4 pilihan, yaitu : 1) Solid Fill, 2) Gradient Fill, 3) Ficture or Texture Fill, 4) Hide Background Graphics

Berikut ini penjelasan mengenai keempat pilihan pada Fill :
Solid Fill : jika Anda ingin mengisi slide presentasi dengan warna solid (warna tunggal), pilihlah Solid Fill. Klik Color dan pilih warna yang Anda suka. Anda bisa menggeser Transparency ke arah kanan untuk membuat warna itu menjadi lebih transparan dan pudar.
Gradient Fill : Apabila Anda ingin mewarnai slide presentasi dengan warna gradasi, pilihlah opsi ini. Kalau ingin cepat, klik Preset Colors dan pilih model warna gradasi yang ada di situ. Pilihlah model gradasi itu dengan mengklik bagian Type.
Picture or Texture Fill : Jika Anda ingin menggunakan gambar atau tekstur untuk mewarnai latar belakang slide presentasi, pilihlah opsi ini. Klik Texture jika Anda ingin mendapatkan gambar latar belakang instan.
Hide Background Graphics : Pilihan ini adalah bergunan untuk menyembunyikan beberapa grapichs yang ada pada background kita

5. Jika Anda sudah mengubah format warnanya yang sesuai dengan keinginan Anda, maka sebagai langkah terakhir adalah tekan tombol Close apabila pewarnaan itu hanya diterapkan untuk satu slide presentasi yang aktif saat itu saja. Sedangkan pilihan Apply to All adalah seluruh slide presentasi Anda diberikan background yang sama baik yang slide yang sudah ada maupun slide berikutnya.
Terimakasih


penulis
im

0 komentar:

 


Jurusan Pendidikan Fisika UNISMUH Makassar - Templates Novo Blogger 2008